:::: MENU ::::

Tuesday, November 13, 2018

Lain halnya dengan wanita yang sudah melahirkan beberapa kali. Bagi calon ibu yang baru saja menikah, biasanya kurang berpengalaman dan kurang pemahaman mengenai tanda-tanda mau melahirkan anak pertama. Apa saja sih tanda-tanda ketika akan melahirkan anak pertama? Yuk simak artikel berikut!


Melahirkan Anak Pertama

1. Kontraksi
Pada umumnya, ada dua jenis kontraksi yang kerap terjadi sebagai tanda-tanda mau melahirkan anak pertama. Pertama, kontraksi awal dan berirama. Kontraksi awal ini biasanya terjadi sekali saja disertai rasa nyeri. Pada umumnya, tidak semua ibu hamil mengalami kontraksi yang satu ini karena sifatnya yang ringan sehingga tidak disadari.

Kedua, kontraksi palsu. Kontraksi palsu merupakan kontraksi yang terjadi akibat pengencangan perut selama masa kehamilan. Oleh sebab itu, kontraksi yang satu ini kerap dirasakan pada area perut dan panggul. Kontraksi ini biasanya terjadi selama 30 sampai 120 detik. Bila Anda merasakan kontraksi ini, bergantilah ke posisi yang lebih rileks.

Namun, lain halnya dengan kontraksi yang berirama dan dirasakan secara terus menerus. Pada umumnya kontraksi ini dirasakan pada area panggul dan perut bagian depan. Kontraksi ini sebenarnya merupakan kontraksi persalinan yang menandakan bahwa Anda akan segera melahirkan.

2. Diare
Mendekati masa persalinan, tubuh cenderung menghasilkan hormon prostaglandin yang berfungsi untuk membantu otot berkontraksi. Terutama pada otot panggul dan rahim yang sangat diperlukan selama masa persalinan. Akibat dari melonjaknya produksi hormon prostaglandin ini biasanya ibu hamil bereaksi sehingga mengalami diare.

3. Sakit Punggung seperti Saat Mau Haid
Kebanyakan ibu hamil memang mengalami nyeri punggung selama masa kehamilannya. Namun ketika mendekati persalinan, intensitasnya jauh lebih hebat dari biasanya. Hal ini menandakan bahwa janin sudah mulai bergerak ke jalan lahirnya.

Sakit punggung ini biasanya terjadi akibat kepala bayi yang menekan tulang belakang sehingga menimbulkan rasa nyeri. Akibatnya, kebanyakan ibu hamil kesulitan untuk bergerak karena rasa sakit yang terjadi pada area panggul dan punggung.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat
Ternyata tekanan kepala bayi ini tak hanya menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada area panggul saja. Hal ini ternyata juga berdampak pada frekuensi buang air kencing yang meningkat. Mendekatnya janin ke jalan lahir membuat kandung kemih tertekan sehingga ibu hamil serasa ingin buang air kecil terus menerus.

5. Lebih Sensitif
Selain beberapa gejala fisik di atas, perubahan emosional seperti mudah marah dan sensitif yang hampir mirip seperti gejala PMS juga dianggap sebagai gejala Anda mau melahirkan anak pertama. Tak heran jika kebanyakan ibu hamil memiliki emosional yang cenderung berubah-ubah semala masa kehamilan.

Itulah beberapa tanda-tanda mau melahirkan anak pertama. Setelah mengetahui beberapa tanda-tanda di atas, harap persiapkan diri menjelang persalinan. Ketika tanda-tanda di atas sudah mulai terlihat, segeralah hubungi dokter dan bidan terdekat. Selain itu, Anda juga bisa menemukan berbagai tips seputar ibu hamil lainnya di orami.co.id.
Categories:

0 comments:

Post a Comment