:::: MENU ::::

Saturday, February 8, 2020

Sebagai cewek, menstruasi atau haid adalah kondisi yang sangat wajar dan pastinya akan dilalui oleh setiap cewek. Biasanya, haid pertama terjadi di usia sekitar 12 sampai 17 tahun. Tentunya perut nggak bakal nyaman, apalagi tubuh akan semakin melemah karena adanya kekurangan darah. Makannya itu, biar nggak anemia atau kekurangan darah karena haid, wajib banget kamu konsumsi makanan penambah darah.

Buah Plum untuk Penambah Darah

Nggak jarang sih cewek-cewek mengkonsumsi obat penambah darah yang dijual di apotek-apotek. Tapi, kalau terlalu banyak, justru nggak akan sehat buat kesehatan tubuh. Ada baiknya kamu menggantinya dengan makan makanan yang sehat buat menambah darah, terutama buah-buahan.

Penasaran makanan apa saja yang bisa menambah darah saat haid? Ini nih rekomendasinya.

Buah Plum

Dari luarnya, buah plum punya warna yang menarik. Nggak hanya dari warnanya saja, tapi juga dari rasanya yang unik. Meski unik, buah ini kaya dengan vitamin C serta menjadi sumber antioksidan yang alami. Mineral lainnya yang nggak ketinggalan yaitu kalium dan zat besi.

Coba kamu konsumsi setiap hari buah plum. Tubuh kamu pastinya nggak akan gampang lemah, dan detak jantung kamu akan tetap normal.

Buah Semangka

Buah yang bentuknya bulat besar ini banyak direkomendasikan buat penderita anemia. Tapi buat kamu yang sedang menstruasi, buah ini juga pas banget kok dikonsumsi sebagai makanan penambah darah. Nggak hanya buat menyegarkan badan saja, semangka punya kandungan zat besi yang ternyata sangat tinggi dan bisa memenuhi kebutuhanmu sehari-hari.

Bahkan vitamin C-nya juga dimilikinya sehingga menjadi pelengkap buat kebutuhan vitamin dalam tubuh. Dengan menerima banyak vitamin C dari semangka, penyerapan zat besi bisa menjadi lebih gampang dan tercegah dari penyakit anemia.

Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang sangat sehat dan sering dimanfaatkan sebagai buah diet sehat. Nah, kamu yang sedang haid coba deh konsumsi pisang juga karena kandungan di dalamnya sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama ketika haid.

Mulai dari magnesium, kalsium, folat, asam amino, vitamin A dan B, sampai kandungan karotennya lengkap terpenuhi hanya dari 1 pisang saja. Bahkan mengkonsumsi 1 buah pisang setiap hari, tubuh bisa menerima asupan vitamin C sampai 10 mg loh.

Yogurt

Saat sedang haid, tubuh pasti akan mengeluarkan banyak darah dan tentunya membuat tubuh semakin lemas. Nah, buat mengatasinya, coba kamu konsumsi yogurt yang merupakan makanan penambah darah. Makanan dari olahan susu ini punya banyak kandungan kalsium yang kadarnya sangat tinggi. Tentu saja kalsium tersebut sangat diperlukan ketika sedang menstruasi agar nggak terkena anemia.

Kamu yang sudah mengkonsumsi yogurt sampai 800 gr, berarti kamu sudah mendapatkan kalsium sebanyak 250 gr. Apalagi ada keuntungan lainnya dari mengkonsumsi yogurt, yaitu bisa menjadi cemilan sehat buat kamu yang jadi lebih suka nyemil dikala menstruasi.

Berbagai makanan penambah darah memang perlu kamu konsumsi agar tubuh nggak kekurangan darah saat sedang haid. Kamu yang nggak mau mengkonsumsinya, pastinya tubuh akan cepat lemas, belum lagi ditambah dengan pusing-pusing yang menjadi gejala anemia.
Categories:

0 comments:

Post a Comment